Selasa, 22 Februari 2011

Howard Hughes, Sang Aviator

saya pikir penderita OCD (Obsessive Compulsive Disorder) hanya ada di film serial Monk. penderita penyakit ini cenderung mengalami ketakutan akan terkena kuman, dan terobsesi akan sesuatu yang bersifat simetri.

saya ingin menceritakan salah satu tokoh yang mengidap OCD lainnya, Howard Hughes (24 Desember 1905 – 5 April 1976) seorang penerbang, insinyur, produser dan sutradara film. dia dibesarkan dalam keluarga yang berkecukupan karena orangtuanya adalah seorang engineer penemu mesin bor minyak. di usia 15 tahun Howard berhasil menerbangkan sebuah pesawat seorang diri. pada saat itu dia merasa menemukan kebahagiaannya saat berada di udara, jauh dari manusia dan jauh dari kebisingan.

pada usia 18 tahun Howard sudah menjadi seorang yatim piatu, dan kerajaan perusahaan milik orangtuanya jatuh ke tangan Howard. dia juga mendirikan perusahaan pesawat, mendesain, membangun, bahkan mengujicoba pesawat2nya. kecintaannya pada layar lebar juga mendorong Howard untuk menjadi seorang sutradara dan produser film. ditahun 1920-an Howard tenar sebagai seorang sutradara dan produser film2nya yang kontroversial seperti Hell's Angels, Scarface dan The Outlaw.


saat itu publik tidak ada yang menyadari bahwa Howard mengidap penyakit OCD. mereka mengira Howard adalah seorang yang nyentrik dan suka menyendiri.

setelah kecelakaan pesawat dashyat yang dialaminya tahun 1940, tidak ada yang menyangka bahwa Howard akan hidup selama 30 tahun lagi. kerusakan tulang leher yang parah dan luka2 operasi lainnya mengharuskan Howard mengonsumsi obat2an penghilang rasa sakit dengan dosis yang sangat besar. kondisi kejiwaannya pun makin parah, Howard suka menghabiskan waktu berbulan2 di ruangan gelap sambil menonton film tanpa mengenakan sehelai pakaian pun, ruangan penuh dengan tissu untuk menghindari dirinya dari kuman. meskipun demikian bisnisnya pun tetap berjalan dengan baik, Howard mengontrol perusahaannya menggunakan telepon.
 

sampai pada akhirnya Howard dicurigai mengidap kelainan jiwa dan polisi setempat hendak menggiringnya ke rumah sakit jiwa. tetapi secara tiba2 ditahun 1957 Howard menikahi Jean Peters dengan maksud mencari alasan bahwa dia masih normal. 14 tahun berlalu, Jean menyadari bahwa ada yang salah dengan suaminya, dan dia pun mengajukan gugatan cerai di tahun 1971. dalam kesendiriannya ditahun 1976 Howard meninggal akibat gagal ginjal.

tahun 2004 dibuat film drama biography kehidupan Howard Hughes seorang billioner yang mengidap penyakit OCD. judul film tersebut The Aviator (2004) dimana Leonardo Dicaprio mendapatkan peran utama sebagai Howard Hughes. bagi penggemar film2 biography, film ini menarik untuk ditonton untuk mengetahui kebiasaan2 eksentrik Howard, walaupun tidak semenarik biography yang dibuat oleh NatGeographic Channel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar