Senin, 14 Februari 2011

The Social Network (2010)

pastinya film ini diangkat dari kisah nyata lah ya, siapa sih sekarang yang ga punya Facebook? Film ini menceritakan tentang asal muasal dikembangkannya situs jejaring sosial, Facebook. seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zukerberg (Jesse Eisenberg) berhasil meretas database kampusnya dan mengambil foto2 seluruh mahasiswa untuk diupload pada situs Facemash buatannya. dalam waktu beberapa jam saja, jumlah hit yang masuk mencapai ratusan dan sempat mengakibatkan jaringan internet kampus jatuh.

Winklevoos bersaudara (Armie Hammer) mengajak Mark untuk bergabung dalam project pembuatan situs jejaring sosial dikalangan kampus. Mark pun setuju, tetapi dia berhasil membuat semuanya sendiri tanpa melibatkan Winklevoos. setelah situs The Facebook diluncurkan, Winklevoos melaporkan ke pengadilan bahwa Mark telah mencuri idenya.

kemudian Mark dan teman2nya, Dustin (Joseph MazZello), Eduardo (Andrew Garfield) mengexpand jaringannya ke universitas lain, bahkan ke beberapa negara sampai akhirnya bertemu dengan Sean Parker (Justin Timberlake), seorang entepreneur pembuat situs Napster. Sean menawarkan diri membantu Mark dalam mengembangkan situsnya. Sean pula yang menyarankan Mark untuk menghilangkan "The" dan menyebutnya "Facebook".

Wardo menyusun algoritma
sayangnya proses pengadilan dengan Winklevoos bersaudara tidak diceritakan bagaimana endingnya. padahal sejak awal film sangat ditonjolkan proses hukum yang sedang berlangsung diantara mereka.

Mark menjadi billioner termuda di dunia, dan sampai saat ini Facebook masih berkembang seperti layaknya fashion yang tidak pernah ada matinya. Sean Parker pun akhirnya dicoret dari pemegang saham Facebook, setelah tersandung masalah narkoba yang membawanya ke penjara.

film ini disebut2 sebagai film terbaik Oscar 2011, karena mendapatkan 8 nominasi Oscar 2011. apakah film ini perlu ditonton? absolutely perlu! ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar